Categories :

PINTU TERBAIK PINTU APA? BERIKUT SEDIKIT ULASANNYA

Pintu – Pintu pastilah sangat penting dan bagian yang sangat vital dari gedung, setiap gedung pasti ada pintunya, jika gedung tanpa pintu jelas gedung itu tidak ada gunanya atau tidak ada fungsinya.

Mungkin saja ada gedung yang tanpa pintu di belahan dunia ini, dari begitu banyak gedung, saya tidak berani menjamin semua gedung ada pintunya, tapi sebatas yang saya ketahui, semua gedung di dunia ini semua  ada pintunya.

Memilih Pintu Terbaik

Disaat kita membangun gedung, salah satu hal yang kita fikirkan adalah menempatkan posisi pintu dan memilih pintu terbaik untuk gedung yang sedang kita bangun.

Ayo kita ulas satu persatu pintu mana yang terbaik dari beberapa jenis pintu berikut:

  1. Pintu Besi.
  2. Pintu Kayu.

Pintu besi

Pintu ini terbuat dari bahan besi, bisa besi baja atau jenis besi besi lainnya. Kelebihan dari pintu besi adalah dari sisi kekuatannya, memang tak diragukan lagi kekuatan pintu dari bahan besi.

Selain bahannya besi yang memang kokoh, besi juga tahan api, tahan air, juga tahan terhadap hantaman benda keras dibanding pintu pintu jenis lain, misalkan pintu kayu.

Kelemahan pintu besi adalah gampang karatan jika sering kena air, kelemahan lainnya sangat berat, sedangan pintu adalah benda yang sering digeser, didorong maupun diangkat, untuk masalah ini pintu besi  kalah dibanding pintu lain.

Pintu kayu

Pintu ini sering dipakai oleh masyarakat umum. Bahkan sejak jamam dahulu sebelum ada pintu besi, pintu kayu sudah dipakai duluan.

Kelebihan pintu kayu terbuat dari bahan yang ringan, mudah dibentuk. Dengan bahan kayu yang ringan dan mudah dibentuk, pintu kayu bisa mudah menyesuaikan dengan gedung yang kita bangun tanpa harus pesan di pabriknya dengan ukuran pas. Tukang yang membangun gedung bisa membuat sendiri pintu dari kayu.

Kelemahan pintu kayu, kayu adalah bahan yang mudah terbakar, jadi ketika memakai pintu kayu harus hati hati dan jauhkan dari api.

Kelemahan lainnya dari pintu kayu adalah kurang kuat tidak sekuat pintu besi, jadi jika membangun gedung dengan target keamanan yang tinggi, pintu kayu kurang mendukung.

Jadi mana yang lebih baik?

Kesimpulannya, kebaikannya menyesuaikan dengan kebutuhan dari gedung. Kalau untuk rumah yang biasa, tanpa keamanan yang tinggi, pintu kayu lebih bagus karena lebih ringan. Tapi kalau untuk ruangan yang harus dijaga keamanannya, pintu besi memang lebih bagus dan kuat.